top of page

Bersama Rumah Pintar Kodok Ngorek, Rotary Club of Semarang Sentral Beri Pelatihan Eco Enzyme

Updated: Aug 1, 2022



SEMARANG, RID3420 - Masih dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, di penghujung bulan Juli 2022 ini, Rotary Club Semarang Sentral bekerjasama dengan Rumah Pintar Kodok Ngorek Pedurungan Semarang memberikan pelatihan pembuatan Eco Enzyme kepada anak-anak binaan Rumah Pintar Kodok Ngorek.


Rumah Pintar Kodok Ngorek sendiri merupakan lembaga not profit yang bergerak di bidang pendidikan kemasyarakatan, dan memiliki slogan 'membangun generasi bangsa dengan kearifan lokal, berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam memajukan pendidikan di tanah air.'



Acara yang bertajuk 'Ilmu Dari Buku' ini dibuka dengan persembahan dongeng dari teman untuk teman yang disampaikan oleh adik Eko Yose. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Presiden Sigit Sadono dari Rotary Club Semarang Sentral yang memberikan ulasan terkait Rotary Club dan Seven Area of Focus. Sedangkan materi pelatihan pembuatan Eco Enzyme dibawakan oleh IPP Carolina B (IPP Olien).


Tujuan dari pelatihan pembuatan Eco Enzyme ini tak lain yaitu agar anak-anak saat ini peduli dengan lingkungan dan dapat mengelola sampah dengan baik (khususnya bahan organik). Karena apabila tidak dikelola dengan baik sudah barang tentu akan mencemari lingkungan, menimbulkan bau tidak sedap, menimbulkan gas metana yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan pemanasan global.


Pada kesempatan tersebut anak-anak juga diajak untuk memahami bahwa banyak sekali manfaat dari eco enzyme, antara lain sebagai bahan dasar pembersih (untuk lantai, dapur, kamar mandi, dan sebagainya) maupun untuk kesehatan (obat luka akibat diabetes, bisul ,detox, dan sebagainya).




Kegiatan pelatihan pembuatan Eco Enzyme ini dihadiri sekitar 30 anak, serta dihadiri pula oleh sejumlah Mahasiswa KKN dari Universitas Sultan Agung Semarang (UNISULA) dan ibu Sekretaris Kelurahan Pedurungan Tengah, serta perwakilan LPMK bidang pendidikan. Tak ketinggalan turut hadir pula ibu Ketua Kopimi UMKM Pedurungan Tengah, maupun ibu Ketua PKK RW 14.


Ucapan terimakasih disampaikan untuk ibu Rika dan ibu Nur sebagai pengurus Rumah Pintar Kodok Ngorek dan kepada adik-adik peserta, semoga semakin peduli dan selalu menjaga lingkungan hidup dengan lebih baik dan semakin bijak dalam mengelola sampah.

19 views0 comments
bottom of page